The University of Petroleum

Masuk Akun

CDC UP45 Mengadakan Pelatihan Manajemen Koperasi Bank Kebaikan Tahap I

23 Januari 2016 11:36:06 WIB

Pada hari Senin- Selasa, tanggal 18- 19 Januari 2016 tim CDC UP45 mengadakan Pelatihan Koperasi Manajemen Bank Kebaikan. Acara tersebut berlangsung dari jam 8.00- 16.00. Acara yang berlangsung selama 2 hari tersebut bertempat di ruang seminar A101 UP45. Acara dibuka oleh Vita Agustina, S.Fil.I,M.Hum., selaku ketua panitia. Pelatihan Manajemen Koperasi Bank Kebaikan Tahap I ini dihadiri oleh 20 peserta. 2 orang peserta dari Indonesia Coaching Society dari ABDSI DIY dan Bale Angon, 1 peserta dari dari pengurus desa Tambak Bayan, 1 peserta dari Rumah Tahfidz, 1 peserta dari warga desa Klaten, 1 peserta dari BMT Forsitama, dan 14 peserta dari UP45 baik dosen maupun karyawan.

Tujuan diadakan pelatihan koperasi ini adalah dalam rangka sosialisasi untuk menindaklanjuti ide gagasan Rektor Up45 Prof. Dr. Dawam Rahardjo “Gagasan Bank Sosial sebagai Model Pelaksanaan Good University Governance”. Koperasi ini juga bertujuan  untuk membantu komunitas dalam mengembangkan ekonomi mereka. Dengan perkataan lain, memperluas partisipasi masyarakat dalam pelayanan keuangan. Narasumber dalam pelatihan ini adalah Prof. Dr. Dawam Rahardjo selaku Rektor UP45, Drs. Idham Ibty, S.IP, M.Si selaku Ass Rektor UP45, Mufid Al- Azhari, S. Ag dari MCI Group, dan Ibu Eni Fatimah dari BMT PAM. Pada hari pertama dengan narasumber Bapak Idham Ibty, beliau menyampaikan tentang model bisnis dan kelembagaan bank sosial. Pada hari kedua di sesi pertama dengan narasumber Bapak Mufid Al- Azhari, beliau menyampaikan tentang produk pembiayaan, dan strategi pengembangan simpanan. Di sesi kedua dengan narasumber Ibu Eni Fatimah, beliau menyampaikan tentang manajemen koperasi bank kebaikan. Bapak Dawam mengisi sesi pada hari kedua, beliau menyampaikan tentang ide gagasannya mengenai bank sosial dan model- model koperasi.

Pelatihan Manajemen Koperasi Bank Kebaikan ini merupakan pelatihan berjenjang dan yang baru saja berlangsung adalah tahap I. Harapannya kedepannya akan ada lagi pelatihan berkelanjutan tahap berikutnya.