The University of Petroleum

Masuk Akun

Seminar & Launching Drone Academy

12 Februari 2016 11:24:03 WIB

Seminar dan launching drone academy dilaksanakan pada tanggal 2 – 3 februari 2016 berlangsung pukul 09.00 – 13.00 WIB di ruang seminar UP45.  Acara yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknik Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta bekerjasama dengan MALEO DRONES (Produsen Drone Indonesia) ini bertemakan “ Industrial, Professional, and Millitary Application of Drones”

Dalam acara ini ET. Hadi Saputra (CEO dan Founder MALEO DRONES & Alumni Harvard University) memaparkan materi mengenai pengenalan drone, kebutuhan SDM, ketrampilan & keamanan bagi operator drone serta peluang bisnisnya. Kemudian dilanjutkan dengan Mayor Tek. Jajang Nurhasihin, MT. – AAU Yogyakarta yang membahas mengenai apa, mengapa & bagaimana teknologi drone bagi kehidupan manusia.

Menurut ET. Hadi Saputra, adanya perkembangan baru di dunia teknlogi, drone dimanfaatkan sebagai alat bantu. Dengan menggunakan drone efisiensi meningkat, biaya jauh lebih ringan dan tidak ada resiko kehilangan bagi manusia. Lalu bisnis/industri apa saja yang bisa di dronekan? Semuanya bisa, mulai dari pertambangan, oil & gas company, televisi, digunakan untuk memantau lalu lintas dll

Launching drone academy oleh Prof. Dr. M. Dawam Rahardjo, Rektor UP45 dilakukan pada hari kedua dilanjutkan pemaparan materi oleh Kolonel SUS. Drs. M. Agus Suhadi, M.Si, mengenai optimalisasi ruang udara melalui pemanfaatan drone, guna meningkatkan nilai tambah ekonomi dalam rangka memantapkan ketahanan nasional NKRI.  

Ada banyak pihak yang harus ditingkatkan dalam pengetahuan drone yaitu

1. industri yang bisa memanfaatkan drone

2. pilot drone, yang memiliki penghasilan  karena ahli mengenai drone.

Hal-hal tersebut perlu diajarkan oleh institusi pendidikan, Universitas Proklamasi 45 merupakan institusi pertama di dunia yang mulai mengajarkan tentang drone dan bagaimana aplikasi drone untuk industri tersebut.

Drone academy adalah sebuah lembaga (Unit Pelayanan Teknis) setingkat pusat studi yang dibentuk dan berada dibawah Fakultas Teknik Universitas Proklamasi 45 yogyakarta atas kerjasama dengan maleo drones. Sebagai UPT, Drone Academy akan menyiapkan sebuah kegiatan layanan bagi masyarakat industry khususnya serta masyarakat luas pada umumnya. Layanan yang disiapkan meliputi diantaranya penyiapan sumber daya manusia yang cakap dan trampil, layanan konsultasi dan penyelenggaraan event dalam berbagai kegiatan yang terkait dengan drone serta layanan perakitan, repair, dan maintenance.

Drone academy dibentuk atas kerja nyata riset Universitas dengan praktisi industry yang terwujud sebagai sebuah jawaban atas perkembangan teknologi terkini dan masa depan. Dengan perkembangan teknologi yang terkini khususnya dalam bidang mekatronika, komputasi, dan energi maka drone kami ini harapkan dapat memenuhi kebutuhan di dunia industri, khususnya dalam hal peng-inderaan dari udara yang jauh lebih dari akurat (efektif) dan jauh lebih murah (efisien).